Film merupakan media massa yang mampu memengaruhi masyarakat, baik secara langsung maupun jangka panjang, tergantung pada cara pesan dalam film dipahami dan diaplikasikan. Proses produksi film, mulai dari pengembangan ide hingga penayangan, mencakup tahap-tahap penting seperti naskah, pengambilan gambar, dan penyuntingan. Film Imagi mengangkat isu financial crime dan kesehatan mental melalui kisah Ali, remaja ambisius yang terjebak dalam penipuan finansial. Dengan bantuan Nalar, sosok misterius, Ali berusaha membongkar sindikat tersebut. Sutradara memainkan peran kunci dalam mengarahkan visi kreatif, termasuk pemilihan aktor, pengaturan visual, dan suasana cerita. Teknik sinematografi seperti tangled shot dan aksi bela diri digunakan untuk memperkuat emosi dan estetika visual. Fokus pada pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi serta kolaborasi tim yang solid menjadi elemen penting dalam kesuksesan film ini.
Kata kunci : Film, Financial crime & Mental health, Teknik sinematografi, Sutradara.
Skripsi/TA
Adji Lestariawan Hans Hermang Mintana Akademi Komunikasi Radya Binatama Jln Laksda Adisucipto No, R. (n.d.). PEMBUATAN KARYA FILM PENDEK “TERSESAT” MENGGUNAKAN TEKNIK PENYUTRADARAAN DENGAN GAYA REALIS.
Dinata, O. T. W., & Pratama, A. D. (2023). Peran Sutradara dalam Pembuatan Film Dokumenter Kakao and The History of Land Settlement Called Glenmore (Studi Kasus Production House Arsa Visual Banyuwangi). Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(1), 13. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i1.1905
Dwiwasa, B. P., & Sihotang, H. (n.d.). Film “Budi Pekerti”: Inspirasi Pendidikan Karakter Melalui Ruang Digital.
Hendra, L., Program, K., Penciptaan, S., & Videografi, S. (2021). POTENSI FILM PENDEK DI ERA INTERNET. 3, 48–53. https://www.kurzfilmtage.de
Ilmu, K., Widya Budhiharti, T., & Hariyanto, F. (2022). Jurnal Politikom Indonesiana: Media Film Sebagai Sarana Pembelajaran Pendidikan Karakter Peserta Didik SD/MI Nurul Huda Cikampek. In Ilmu Politik dan Ilmu Komunikasi (Vol. 7, Issue 2). https://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesianahttps://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesiana
Meutia Karolina, C., Maryani, E., & Dian Wardiana Sjuchro, dan. (2020). Implikasi genre film dan pemahaman penonton film tuna netra di “Bioskop Harewos.” 123 ProTVF, 4(1), 123–142.
Moran, R. (n.d.). PENGANTAR PRODUKSI FILM. https://en.wikipedia.org/wiki/Filmmaking
Nurul Shadrina, A., Raniah Zaim, S., & Arimurti, F. (2023). Manajemen Produksi Film Pendek Keling: Dari Pra Produksi, Produksi dan Pasca Produksi. Jurnal Audiens, 4(2), 320–330. https://doi.org/10.18196/jas.v4i2.36
Program, M. H., Desain, S., Visual, K., Desain, F., Palupi, L., Program, S., & Anton, B. (n.d.). Peran Sutradara dalam Film Fiksi Pendek “40 Hari Terakhir.”
Rathore, K. (2023). Mrinal Sen’s Calcutta Trilogy: A Reflection of Socio-economic and Political Realities of Independent India A Reflection of Socio-economic and Political Realities of Independent India.
Rezki Utama, R., Bo’do, S., Yohanes, G., & Lumanauw, K. (2023). REPRESENTASI ANAK DALAM FILM GARAPAN SINEAS LOKAL KOTA PALU (Analisis Semiotika Pada Film Halaman Belakang dan Film Gula & Pasir). 10(1), 62–81. https://doi.org/10.22487/ejk.v10i1.600
Saraceno, B., & Caldas De Almeida, J. M. (2022). An outstanding message of hope: The WHO World Mental Health Report 2022. In Epidemiology and Psychiatric Sciences (Vol. 31). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/S2045796022000373
Sun, D., Ma, W., Nie, L., & Liu, Y. (2024). SoK: Comprehensive Analysis of Rug Pull Causes, Datasets, and Detection Tools in DeFi. http://arxiv.org/abs/2403.16082
Surya, A., & Dianta, A. (n.d.). PERAN SUTRADARA DALAM PEMBUATAN KARYA DOKUMENTER BERJUDUL “TERBAWA.” Inter Community: Journal of Communication Empowerment |, 4(2), 1–14.
Syahrul Huda, A., & Solli Nafsika, S. (2023). Film Sebagai Media dalam Mengubah Cara Pandang Manusia dalam Prinsip Kemanusiaan.
tahapari. (n.d.).
Talenta, E., Tobing, N., Televisi, P., & Film, D. (n.d.). ANALISIS NARATIF PENGARUH PERSPEKTIF SUTRADARA PEREMPUAN DALAM PERFILMAN INDONESIA.